Rabu, 19 Mei 2010

Instalasi PHP

Instalasi PHP
1. Ekstrak file distribusi PHP ke sebuah direktori, misalnya c:\php.
2. Salin file php.ini-dist ke direktori windows dan ubah namanya menjadi php.ini. Direktori windows biasanya adalah c:\windows untuk Windows 95/98 dan c:\winnt atau c:\winnt40 untuk Windows NT.
3. Edit file php.ini :
 Ubah setting extension_dir sehingga mengacu ke direktori PHP atau dimana kita menyimpan file-file PHP_*.DLL. Misalnya di c:\php.
 Ubah doc_root sehingga menunjuk ke document root web server. Bila menggunakan web server Xitami lokasinya document root biasanya terletak di c:\xitami\webpages\.
 Untuk memakai suatu modul yang disediakan oleh PHP, yaitu dengan meletakkan baris perintah sebagai berikut extension=PHP_*.DLL. Beberapa modul meminta library tambahan yang harus terinstall di sistem anda.

Instalasi Web Server Xitami
1. Jalankan file instalasi web server xitami. Biasanya proses instalasi akan berjalan lancar tanpa ada halangan, ikuti semua petunjuk yang dianjurkan.
2. Setelah selesai proses instalasi, jalankan web server dengan menge-klik ikon xitami. Xitami dapat berjalan dengan tanpa konfigurasi, tapi kita perlu menambahkan perintah untuk mendukung file-file PHP.
3. Jalankan web browser, ketikan http://127.0.0.1/admin.
4. Akan diperlukan nama user dan password, yang telah kita dimasukan sewaktu proses instalasi, untuk masuk ke halaman administrasi.
5. Pada tombol-tombol menu, pilih menu Configuration, lalu klik pada tombol filter yang terletak pada sisi kiri atas.
6. pada halaman filter masukkan .php pada kolom isian sebelah kiri dan c:\php\php.exe pada kolom sisi kanannya. Hal ini akan mengakibatkan file-file yang menggunakan ekstensi .php akan dijalankan melewati PHP. Tekan tombol save di bagian atas.
7. Pada halaman awal Configuration mengijinkan kita untuk mendeklarasikan default dokumen yang akan ditampilkan pertama kali. Dapat ditambahkan disini sebagai default index.php. Tekan tombol save.
8. Restart web server agar hasil konfigurasi dapat berjalan.
9. Supaya halaman web yang akan dipublikasikan dapat ditampilkan, letakkan direktori halaman web tersebut di direktori webpages Xitami, sebagai contoh di c:\xitami\webpages\myweb\.
10. Atau kita dapat meletakan direktori halaman web tapi harus memetakan lokasinya, dengan cara seperti langkah-langkah diatas untuk filter tapi kita untuk memetakan gunakan tombol aliases. Melalu halaman ini tuliskan nama alias-nya pada kolom pertama dan lokasi direktori yang diberi alias.

Instalasi MySQL
1. Download file instalasi MySQL dari homepage-nya atau dari mirror- mirrornya. Tapi biasanya MySQL versi Windows kita perlu membeli atau kita dapat menggunakan versi shareware-nya. Berbeda dengan versi Linux, kita dapat memperolehnya secara free, tentu saja dengan agreement bukan untuk di'jual' kembali.
2. Jalankan file instalasinya, ikuti semua petunjuknya. Proses instalasi akan berjalan sendiri tanpa hambatan.
3. Setelah selesai, untuk mengaktifkan MySQL terlebih dahulu jalankan daemonnya, yaitu MySQLd.exe.
4. Baru setelah itu kita dapat menjalankan MySQL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar